Thursday 12 March 2015

Salah satu objek wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi dan sambil mengenal lingkungan alam sekitar adalah obyek wisata Sangeh. Obyek wisata Sangeh Bali, merupakan kawasan hutan lindung didominasi pohon pala. Selain anda dapat melihat hutan lindung, anda juga dapat melihat ratusan monyet di Sangeh Bali.

Lokasi Obyek Wisata Sangeh Bali
Obyek wisata Sangeh berlokasi di desa Sangeh, masuk dalam kecamatan Abiansemal, wilayah Kabupaten Badung. Berjarak 22 kilometer dari kota Denpasar, anda akan menempuh kurang lebih 45 menit perjalanan jika berangkat dari kota Denpasar.
Sekarang penataan obyek wisata Sangeh sudah sangat bagus, dengan areal parkir yang luas. Untuk tiket masuk, anda dikenakan biaya masuk areal obyek wisata Sangeh sebesar Rp 5.000 / orang. Pemasukan dari tiket masuk dialokasikan untuk pemeliharaan satwa monyet dan pemeliharaan kebersihan disekitar Sangeh.
Pada areal depan dari obyek wisata Sangeh, anda akan melihat patung raksasa Rahwana yang sedang diserang oleh puluhan monyet. Desain patung raksasa Rahwana diambil dari kisah Ramayana yang sangat terkenal bagi masyarakat Bali pada khususnya.
Disebelah kanan dan kiri patung Rahwana, anda akan melihat patung singa bersama dengan monyet kecil, patung singa mengisahkan tentang raja hutan yang menyayangi seekor bayi monyet.
Setelah anda tiba ditengah tengah dari kawasan obyek wisata Sangeh, anda akan melihat beberapa pohon pala yang menjulang tinggi dan dibeberapa dahan dari pohon pala, ada segerombolan monyet.

Sangeh Bali Pohon Lanang Wadon

Salah satu keunikan yang ada di obyek wisata Sangeh Bali adalah, anda akan melihat pohon pala besar yang batangnya menyerupai bentuk kelamin pria dan wanita, sehingga pohon pala ini dinamakan pohon Lanang Wadon, yang artinya pohon yang melambangkan pria dan wanita.
Tepat di tengah-tengah hutan. anda akan melihat dua buah Pura. Pura yang lebih kecil namanya pura Melanting dan pura yang lebih luas namanya pura Bukit Sari. Para penduduk setempat, sangat menyakralkan keberadaan dari Pura tersebut, begitu pula dengan monyet monyet yang ada disekitar obyek wisata Sangeh.
Hal ini sangat berhubungan erat dengan cerita dari keberadaan Sangeh itu sendiri, yang diyakini merupakan Duwe (milik) dari para Dewa Pura Bukit Sari.

Hal Yang Harus Di Perhatikan Saat Berkunjung Ke Tempat Wisata Monyet Di Bali

Hal yang harus diperhatikan jika anda berkunjung ke obyek wisata Sangeh adalah, tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, serta tidak membawa barang bawaan yang berlebihan. Ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti monyet mengambil perhiasan anda atau barang bawaan yang anda bawa.
Sebaiknya anda menyiapkan beberapa makanan seperti pisang atau ketela yang dapat anda beli di warung sekitar areal parkir dari objek wisata Sangeh. Pemandu wisata di sekitar areal Sangeh banyak tersedia, dengan berpakaian adat Bali, yang siap membantu anda bila anda perlukan.
Berwisata ke daerah Sangeh lebih cocok untuk wisata keluarga bersama putra putri anda. Karena dapat memperkenalkan hutan lindung kepada anak anda dan putra putri anda dapat berinteraksi dengan monyet – monyet yang ada di Sangeh. Aktivitas favorit wisatawan saat berkujung ke objek wisata Sangeh adalah berfoto bersama monyet dan memberi makan monyet, tentunya anda juga ingin mencobanya bukan?

Tarif :
  • Tarif masuk objek wisata Sangeh Rp 5.000

0 komentar:

Post a Comment

Follow me on Twitter!